Senin, 14 April 2008

Open sistem

Strategi budidaya udang erat kaitannya dengan kualitas sumber air yang digunakan selama proses produksi berlangsung. Sumber air yang bagus merupakan berkah luar biasa karena:
- hampir pasti dapat dijadikan solusi dari permasalahan udang maupun kualitas air kolam dengan melakukan pergantian air.
- biaya produksi pada pos energi relatif hemat. Tidak memerlukan bahan kimia dan perlakuan tambahan sebelum digunakan. Tidak memerlukan tandon air sehingga pompa distribusi tidak diperlukan. Demikian juga dengan efektivitas pemakaian lahan optimal karena seluruh lahan digunakan untuk budidaya. Oleh karenanya diwilayah yang mutu airnya masih bagus sistem budidaya model terbuka jadi pilihan yang tepat. Permasalahannya adalah sudah sangat sulit menemukan tempat dengan sumber air yang baik. Pada akhirnya sistem budidaya terbuka perlahan ditinggalkan. Ada baiknya wilayah yang perairannya masih bagus para pengelola tambak juga memikirkan manajemen limbah, untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutannya. Tempat yang sudah tinggi tingkat cemarannya sudah pasti membutuhkan kepedulian kita semua untuk perbaikannya. Minimal tidak memperparah lebih baik lagi mengolah limbah sebelum dibuang.

Tidak ada komentar: